Microkernel Sistem Komputer




Microkernels

Nama : 1. Adit (1) 2. Slamet Riyadi (33) Kelas : X TKJ 1

1. Microkenels adalah mengambil pendekatan dengan hanya mengelola yang terpentingnya saja ,
Contoh microkernels :
- MacOSX adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001 dan populer di kalangan pengguna. - Amoeba adalah sistem operasi terdistribusi yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum dan lain-lain di Vrije Universiteit. - Kernel Mach merupakan kernel sistem operasi yang dikembangkan di Carnegie Mellon University untuk mendukung penelitian sistem operasi, terutama didistribusikan dan komputasi paralel. - QNX - Ameoba - TRU64 UNIX Tru64 UNIX adalah sistem operasi UNIX 64-bit untuk Alpha set instruksi arsitektur (ISA), saat ini dimiliki oleh Hewlett-Packard (HP). Sebelumnya, Tru64 UNIX adalah produk dari Compaq, dan sebelum itu, Digital Equipment Corporation (DEC), di mana ia dikenal sebagai Digital UNIX (sebelumnya Desember OSF / 1 AXP). - Minix adalah sebuah sistem operasi keturunan UNIX yang bersifat open-source, yang dibuat berdasarkan arsitektur microkernel.
2.Kernel Monolitik adalah kebalikan dari mikrokernel karena mereka tidak hanya mencakup CPU, Memori, dan ICP, tetapi mencakup hal-hal seperti driver device, manajemen file sistem, dan panggilan sistem server.
Contoh Kernel Monolitik :
-Linux
- Windows 1.0 merupakan versi pertama (1983) sistem operasi dalam dunia sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang dibuat oleh Microsoft Corporation - Windows 2.0 merupakan versi kedua (1987) sistem operasi dalam dunia sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang dibuat oleh Microsoft Corporation - Windows 3.0 merupakan versi ketiga (1990) sistem operasi dalam dunia sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang dibuat oleh Microsoft Corporation - Windows 3.1 merupakan versi sesudah 3.0 sistem operasi dalam dunia sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang dibuat oleh Microsoft Corporation

3. Kernel Hibrida adalah Memiliki kemampuan untuk memilih dan memeilih apa yang ingin mereka jalankan, dalam user mode dan apa yang mereka jalankan dalam mode supervisor.
Contoh Kernel Hibrida :
- Windows 95 (Versi: 4.00.950) (Versi pertama dengan Menu Mulai) sistem operasi hibrida 16-bit/32-bit yang diproduksi oleh Microsoft. Windows 95 diperkenalkan ke publik pada tanggal 14 Agustus 1995, menyusul kampanye iklan yang agresif dari Microsoft. - Windows 98 (Versi: 4.1.1998) penerus dari Windows 95, dengan tambahan dukungan AGP, USB, Plug and Play yang lebih baik, sistem berkasFAT32 dan Internet Explorer versi 4.0. Windows 98 adalah upgrade dari Windows 95 - Windows 98 Second Edition (Versi: 4.1.2222) menambahkan dukungan pada Internet Explorer 5, NAT untuk berbagi koneksi Internet, Digital Versatile Disk (DVD),Windows Driver Model (WDM) yang menggantikan model Virtual Device Driver (VxD) serta Windows NetMeeting 3. Sistem ini menganut prinsip hibrida dengan dukungan kernel 16-bit/32-bit, dan masuk pada famili Windows 9x. - Windows Millennium Edition (Me) adalah sebuah versi Windows yang didesain khusus untuk pengguna rumahan, dan ditujukan untuk menggantikan pasar sistem operasi sebelumnya, Windows 98. - BeOS adalah sebuah sistem pengoperasian yang dibangunkan oleh Be Incorporated antara tahun 1990 sehingga 2001 sebagai sebuah sistem pengoperasian dengan penekanan kepada kemampuan multimedia. - Novell NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat berbasiskan tumpukan protokol jaringan Xerox XNS.
4.Exokernel adalah kernel sistem operasi yang dikembangkan oleh MIT Paralel dan Terdistribusi kelompok Sistem Operasi, dan juga kelas sistem operasi yang sama. Sistem Operasi Kernel umumnya menyajikan hardware-sumber daya untuk aplikasi melalui abstraksi tingkat tinggi seperti (virtual) file system

Contoh Exokernel - libOS (library) LibOS adalah sistem operasi yang seperti halnya perpustakaan
Previous
Next Post »
Thanks for your comment