Formulir Web




1. Apa yang dimaksud form web? Formulir (form) web merupakan bagian dari dokumen web yang dapat diisikan oleh pengguna, untuk memberikan informasi tertentu dari pengguna kepada website.


2. Jelaskan contoh anatomi formulir web?

1. Judul (title) Setiap formulir harus memiliki judul (title) yang singkat dan menjelaskan kegunaan dari formulir tersebut. Jika digunakan untuk halaman login seperti pada contoh, maka perlu menyebutkan nama situs, sehingga pengunjung tahu di mana mereka berada.

2. Tautan registrasi untuk bukan anggota (non members) Pengunjung yang bukan anggota (non member) memiliki keterbatasan dalam mengakses suatu situs. Fitur ini digunakan untuk menawarkan kepada pengunjung suatu tautan (link) ke halaman pendaftaran.

3. Kolom masukan dan label (input fields and labels) Kolom masukan digunakan memasukkan data yang berupa teks ataupun data lain. Untuk memudahakan pengunjung web dalam mengisi kolom masukan, maka disertai label sebagai penjelasan dari kolom isian tersebut.

4. Tautan lupa password (forgot password link) Tautan lupa password digunakan untuk membantu pengguna dalam memulihkan kata sandi (password). Kode atau fasilitas pengubahan kata sandi akan dikirim ke email yang digunakan untuk mendaftar.

5. Tombol eksekusi/proses (submit button) Tombol yang digunakan untuk mengeksekusi dan mengirim data yang diisikan pada formulir.

6. Ingat selalu saya (remember me)
Fitur ini berguna bagi pengguna untuk selalu mengingat isian data pada formulir web. Tampilan fasilitas ini biasanya berupa kotak centang (checkbox) di depan kalimat penjelasan fitur.

7. Tautan kembali (back link) Fasilitas ini bermanfaat bagi pengguna jika batal mengisi formulir web untuk kembali ke alamat yang ditentukan. Biasanya menuju ke halaman utama dari situs web.

8. Validasi (validation)
Validasi digunakan untuk memeriksa isian data. Jika data yang diisikan tidak sesuai dengan ketentuan, maka akan tampil keterangan bahwa kolom isian harus diisi dengan benar.

3. Format formulir web?
Format formulir web
Form dibentuk dengan menggunakan pasangan tag HTML
dan
.

Atribut yang umum digunakan pada formulir web:
• ACTION menentukan URL yang akan dijala nkan dan menerima semua masukan pada formulir. Jika action tidak disebutkan, informasi akan dikirimkan ke URL yang sama dengan halaman web itu sendiri. • METHOD digunakan untuk menentukan bagaimana informasi dikirim ke URL yang disebutkan dalam action. Nilai (value) pada atribut ini berupa GET dan POST. POST membuat informasi dikirimkan secara terpisah dengan URL, GET akan membuat informasi dikirim menjadi satu dengan URL.
Contoh penggunaan pasangan tag HTML untuk form web:
...


4. Macam komponen entry text?
Macam komponen entry text

Text Box, Password, Text Area,Hidden, fieldset, Legend.
5. Macam komponen entry pilihan Macam Komponen entry pilihan
Check Box, Radio, Submit, Button, Image, File, Reset, Push button, Select.

6. Macam komponen formulir web v2.0
Web Form 2.0
- Color = Digunakan untuk isian yang mengandung warna. - Date = Tipe date memungkinkan pengguna untuk memilih tanggal. - Datetime = Jenis datetime digunakan untuk memilih tanggal dan waktu yang disertai dengan zona waktu. - Datetime-Local = Form ini diguunakan untuk memilih tanggal dan waktu (tanpa zona waktu) - Email = Tipe email ini digunakan untuk kolom isian yang harus berisi alamat e-mail. - Month = Digunakan untuk memilih bulan dan tahun - Number = Digunakan untuk kolom isian yang harus bernilai angka. - Range = Jenis ini digunakan untuk kolom isian yang harus berisi nilai dari berbagai nomor. - Search = Digunakan untuk bidang pencarian. - Tel = Tipe yang digunakan untuk kolom isian nomor telepn (Harus) - Time = Digunakan untuk memilih waktu - Url = Digunakan untuk input field yang harus berisi alamat URL. - Week = Digunakan untuk memilih satu minggu dan tahun.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment