Macam-macam Intent [64]

Resources




Dalam directory/package/folder recources kita pasti bertanya apa kegunaan folder tersebut dan bagaimana menggunakan folder tersebut. Package Recources ialah Folder Sumber Daya yang menyimpan seluruh file yang digunakan untuk sebuah aplikasi mulai dari menyimpan beberapa gambar (drawable folder), menyimpan layout (Folder Layout), menyimpan icon dengan beberapa kategori ukuran (mipmap folder), menyimpan pengaturan besar atau kecil nya sebuah object(Bukan object java bisa sebuah ukuran padding, margin, textSize dll(Folder Dimen)) dan Menyimpan beberapa pengaturan warna untuk sebuah objek(colors.xml), menyimpan sebuah barisan text(strings.xml), dan pengaturan style sebuah object (style.xml). Color, strings dan style dijadikan satu dalam sebuah folder yaitu folder values.


Mengakses Resources

 


Image from Udacity



Untuk mengakses sebuah sumber daya kita harus menyiapkan file yang dibutuhkan lalu jenisa file apa yang dibutuhkan, kemudian setelah kita tahu jenis file yang akan diakses kemudian kita memikirkan bagaimana mengakses file tersebut karena setiap jenis file yang akan diakses memiliki perintah yang berbeda-beda dalam penulisan syntax nya (Bisa dilihat gambar diatas).

Gambar diatas menjelaskan bahwa setiap kali mengakses sebuah file resources berbeda-beda.  Namun penulisannya sama yaitu R.folder_name/file_name.file_name. Khusus untuk tiga sumber daya yaitu String, Style dan Color kita tidak perlu untuk mendefinisikan beserta folder dimana file itu disimpan. Akan tetapi hanya perlu menuliskan R.File_Name.Name. R disini diartikan Resources. Berikut beberapa contoh syntax saat mengakses sebuah sumber daya yang berada difolder resources:

android:text="@string/toppings"android:layout_marginLeft="@dimen/marginlr"android:textColor="@color/PINK"android:src="@drawable/pendopo"android:theme="@style/ThemeOverlay.AppCompat"


Itulah beberapa contoh bagaimana memanggil/menggunakan resources dalam sebuah layout.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment