java.lang.ArrayIndexOutOfBoundsException: length=5; index=5 [61]



File java dalam sebuah android biasanya diunakan untuk menambahkan logika yan gterdapat dalam sebuah layoout. File java juga memungkinkan untuk mensupport dari layout. Bahkan Java ialah salah satu bagian terpenting dari pembangunan sebuah aplikasi android. Nah saat membuat project biasanya terjadi kesalahan yang terkadang menyusahkan. Nah saya pernah mengalami semacam ini :
 java.lang.ArrayIndexOutOfBoundsException: length=5; index=5

Berikut gambar nya :





Nah pada gambar diatas error sudah tahu ada dimana (Panah Warna Merah). Dan error nya apa(kotak warna kuning). Terlihat bahwa yang ada didalam kotak kuning ialah  java.lang.ArrayIndexOutOfBoundsException: length=5; index=5  Dimana Array pada file tersebut memiliki hitngan yang tak sama. dalam arti misal membuat slide show foto. Terdapat komponen gambar, nama gambar dan deskripsi. Nah urutan dari ketiga komponen tersebut harus urut namun error ini menunjukkan sebaliknya yaitu panjang 5 maka index harus 5 juga. 


























Pada gambar diatas jika foto saya slide sampai ujung maka Aplikasi akan berhenti. Lalu bagaimana menyelesaikan error ini. 

  • Pertama kita cek dulu text biru yang terdapat dilogcat tersebut karena text berwarna biru menandakan bahwa error berada dibaris dan file itu. Yaitu di file (ViewPagerAdapter.java:60) 60 yang berarti baris 60
  • Oke kita cek dulu apakah ada yang error atau tidak. Jika normal saja dibaris tersebut kita teliti dulu. Error berada pada text Keterangan. Nah text Keterangan dipakai dimana saja yang ada kaitannya dengan slide show dan array.
  • Pada Error ini ada satu hal mencurigakan yang memenuhi syarat. Yaitu Slide Show (Error Terjadi di slide show) Text Keterangan(Yang diinisiasikan dari logcat) dan juga Array. Yaitu pada Source code slide show array itu sendiri. Berikut gambar yang saya temukan.

Terlihat sepertinya tidak ada apa-apa atau pesan error dari Array tersebut. Zoom lagi!


Nah akhirnya ketemu. Ya masalahnya hanya kita salah penempatan atau lupa menambahkan symbol ("") pada Array tersebut, hal itu sangat penting sekali untuk Array itu agar setiap String dari Array itu terpisah. Oke kita perbaiki sehingga menjadi seperti ini.

Dan saat dirunnig maka aplikasi berjalan dengan normal karena hitungan antara array satu dengan yang lainnya sama.

Oke sekian dari blog kali ini semoga bermanfaat, Silahkan kalau masih kuran gjelas untuk bertanya. Terima kasih. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment