Data Structure Part I [58]



Pada postingan sebelum-sebelumnya kita telah membahas apa itu Object-Oriented Programming Concepts. seperti apa dan bagaimana kegunaan dari Java : classes, methods, objects dan inheritance. Oke dipostingan kali ini dan selanjutnya akan dibahas bagaimana membangun/menggunakan beberapa class dan method untuk membuat, memanipulasi dan menyimpan informasi dari data struktur. Data Struktur terdiri dari :

  • ForLoop



Fungsi For Loop digunakan pada saat membaca dan memanipulasi Java data struktur. Ini merupakan Perulangan Statement dari java dimana kita mengeksekusi sebuah blok code berulang-ulang dengan waktu dan nilai yang telah diatur.




For Loop


  • Array List


ArrayList yaitu sekumpulan data dana atau kelas yang memiliki sebuah data yang telah ditentukan. Data dari sebuah ArrayList sudah ditentukan sebelumnya oleh Java Class. Untuk menggunakannya kita harus membuat sebuah ArrayList object.



Kode diatas ialah instruksi untuk memanggil sebuah Objek dari ArrayList yang bernama quizGrades yang menyimpan tipe data sebuah integer.

  • ArrayList Manipulation


Pada point B yaitu ArrayList kita telah membuat Array list akan tetapi Array tersebut tidak memiliki data. Nah mari kita beri beberapa nilai dengan tipe data integer ke ArrayList tersebut.






Pada contoh diatas kita memanggil add method ke quizGrades. Add method menambahkan beberapa integer ke ArrayList. Nilai nya yaitu 95.87 dan 83 telah ditambahkan didalam daftar.


  • ArrayList Access


Kita juga bisa menambahkan elemen baru kedalam sebuah ArrayList Untuk menambahkannya cukup mudah, kali ini kita akan menggunakan versi yang berbeda dari sebuah add method seperti sebelumnya. 





Contoh diatas akan menampilkan nilai 100 kedalam layar. Kenapa? Add method akan memberikan nilai 100 diposisi 0 dari urutan Array list. 0 merupakan nilai terendah/urutan pertama dari urutan sebuah ArrayList. Posisi pertama yakni 0 disini telah dipakai sehingga urutan selanjutnya akan menambah peringkat menjadi 1 peringkat lebih tinggi. 95 merupakan posisi pertama (1).



  • Iterating over an ArrayList


Latihan diawal yaitu point A. Kita telah belajar mengenai for loop. Nah kali ini kita akan menguraikan seluruh data dari sebuah ArrayList





Pada kode diatas pada fungsi kode terakhir kita melihat bahwa method size akan mengembalikan nilai ke int j sampai fungsi akan menampilkan seluruh dari urutan data dari sebuah weeklyTemperatures . 

Cukup disini untuk postingan kali ini. Akan dilanjutkan pembahasan Data Structure Part II. Terima Kasih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment