Inheritance pada Java [56]




Oke untuk study method kita telah usai. Berikutnya kita akan memanggil sebuah method dari class yang berbeda kedalam kelas yang kita pilih. Disebut Inheritance dimana Inheritance ialah pewarisan method dari class yang telah didefiniskan. Misalkan seperti ini:



  • Guru Tejo memanggil Bagas dari ruangan lain. Bagas diruangan yang berbeda dengan guru tejo. Nah saat Guru Tejo memanggil kemudian Bagas menjawab "Iya Pak, Ada yang bisa saya bantu". "Iya Pak. Ada yang bisa saya bantu" merupakan value dari ruangan tersebut. Dan bagas sendiri ialah method.

  • Dijava misalkan kita mempunyai 2 class yaitu java class dan sumatra class. Nah masing-masing kelas mempunyai sebuah method. Namun java class ingin memasukan method dari sumatra class yang telah didefiniskan tersebut.  Sehingga apa bila java class running maka method dati sumatra class akan muncul sesuai sesuai method yang ditunjuk java class itu sendiri.
Oke langsung saja berikut langkah membuat nya :

  • Setelah kita selesai dengan usingMethod berikutnya kita akan memanggil method dari berbeda kelas. Caranya ialah coba perhatikan gambar berikut ini : 
First
Second


Berikut penjelasan pada gambar diatas :
  • Gambar First
    • class Cat extends UsingMethod ; Ada yang baru disini yaitu extends. Extends sendiri berfungsi untuk memanggil fungsi dari class lain. UsingMethod merupakan nama dari class yang akan dipanggil.

  • Gambar Second
    • Coba perhatikan pada gambar second. Terlihat didalam UsingMethod class terdapat method yey
  • Nah perhatikan kotak kedua dari gambar first. Disana terlihat bahwa object mike meanggil method yey yang sebenarnya berbeda class. Hal ini bisa dilakukan karena class UsingMethod telah dipanggil.
Nah itu dia penjelasan nya. Jika berlum paham coba perhatikan code dibawah dan terapkan pada code mu sendiri. Oh ya jika kita jalankan maka akan terlihat seperti gambar berikut :


Berikut kunci source code dari postingan kali ini :

class Cat extends UsingMethod //extends merupakan perintah untuk memanggil class lain; 
//UsingMethod ialah nama class yang dipanggil        public static void main(String[] args) {

            Cat mike = new Cat(5);
            mike.Meow();
            mike.run(12);
            mike.yey(); //mike ialah object yang digunakan untuk memanggil method yey    
Previous
Next Post »
Thanks for your comment