Button Customize [13]


Di postingan kali ini akan membahas tentang button. Sebenarnya sudah terlalu jauh untuk membahas button kembali melihat artikel yang telah diupload. Namun sangat penting apabila setiap atribut akan dijelaskan lebih detail dalam satu artikel.

Button ialah atribut yang digunakan untuk menampilkan tombol. Saat fungsi input seperti tombol dilayar dilakukan maka button dapat dipanggil menggunakan <button> ditutup dengan </>. Button dapat dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan Button yang unik dan menarik.

Berikut ini ialah macam pengaturan pada button


  • Button Biasa


Button biasa hanya tombol biasa yang tidak memiliki ciri khusus dan mencolok. Button biasa ialah button "Alarm"
  • Action Button



Button ini berisi tentang perintah. Bisa jadi OnClick atau OnClickListener. Saat tombol diklik. Maka tampilan akan dibawa keuser berikutnya. Gambar diatas ialah contoh login success.
  • Invisible

Custom/Style ini membuat button menarik. Ya jadi warna tombolnya tidak terlihat/transparan. Sign-in tombol diatas akan menghitam (berefek) apabila diketuk.

  • Custom Background Background




Tombol kostum background cukup rumit. Intinya kita akan menyiapkan 3 gamabr dengan ukuran kecil dan dibuat file 9-patch. Contoh gambarnya seperti gambar diatas. Nah jadi sebelum saat dan setelah diketuk akan memiliki "efek" yang berbeda.

Untuk ingin melakukannya pertama siapkan 3 file png seperti gambar diatas dan editlah gambar hingga menyerupai before click on click after click seperti gambar diatas.

Lalu masukan ke-3 file tersebut kedalam folder res/drawable

Setelah selesai buat drawable resource file berbentuk .xml ke dalam folder drawable lalu masukan source code dibawah

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<selector xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android">
    <item android:drawable="@drawable/button_pressed"
        android:state_pressed="true" />
    <item android:drawable="@drawable/button_focused"
        android:state_focused="true" />
    <item android:drawable="@drawable/button_default" />
</selector>

Nah setelah itu lakukan pengaturan seperti source dibawah

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?><LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"    xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto"    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"    android:layout_width="match_parent"    android:layout_height="match_parent"    tools:context="com.example.android.button.MainActivity"    android:orientation="vertical"    android:gravity="center">

   
    <Button        android:id="@+id/button_send"        android:layout_width="wrap_content"        android:layout_height="wrap_content"        android:text=""        android:onClick="sendMessage"        android:background="@drawable/button_costum1"  />

</LinearLayout>



Untuk ingin melakukannya pertama siapkan 3 file png seperti
Nah lalu janlankan sehingga akan ada tombol dengan efek menarik. Ya namun tanpa reaksi apa-apa didalam tombol.

Oke cukup dekian dari saya. Semoga bermanfaat. See You On The Top!!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment