Apa Itu Virus Zika?


Virus Zika
Dari awal tahun hingga sekarang Virus Zika merupakan topik yang tak jarang diperbincangkan media diIndonesia bahkan diseluruh dunia. Seiring berjalannya waktu sesuai dengan pernyataan dari pimpinan WHO (World Health Organization) virus ini menyebar di 20 negara diamerika selatan.WHO juga telah mengumumkan Status Darurat Kesehatan. Melihat aktivitas berpergian ataupun kepentingan luar negeri yang tinggi membuat virus ini benar-benar berbahaya dalam jangka waktu yang belum bisa dipastikan. Ditambah lagi dampak dari virus ini yang sebagian besar menyerang bayi. Sebenarnya apa itu Virus Zika dan mengapa harus diperhatikan dengan khusus.


Bayi yang terdeteksi virus zika
https://en.wikipedia.org
Virus Zika yaitu suatu virus yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti serta dapat juga disebabkan aktivitas seks. Virus ini menyebabkan seseorang mengalami demam zika. Saat seseorang terkena virus zika gejalanya mencakup demam ringan, mata merah, nyeri sendi dan ruam. Demam zika dapat berdampak buruk antaralain menyebabkan kelumpuhan bahkan bagi ibu hamil dapat mengakibatkan bayi yang terlahir cacat. Seperti kasus bayi terlahir cacat dibeberapa kawasan diamerika selatan. Bayi tersebut lahir dengan kondisi otak yang lebih kecil dari bayi normal. Diperkirakan itu disebabkan dari virus zika.Negara Brasil merupakan negara dengan kasus virus zika terbanyak. diperkirakan hingga saat ini virus ini telah mewabahi 1,5 juta Jiwa disana. Padahal negara itu telah selesai melakukan  perhelatan pesta olahraga terbesar didunia.

Peta Persebaran Virus Zika
https://id.wikipedia.org

Sebenarnya kita diIndonesia tidak terlalu cemas mengingat virus tersebut tersebar dikawasan yang sangat jauh. Akan tetapi selain akibat dari aktivitas luar negeri persamaan iklim diamerika selatan dengan diindonesia relatif sama. Disana banyak ditemukan hutan hijau nan rimbun. Ditambah lagi iklim yang bisa dikatakan hampir sama. Hal itu dapat mengakibatkan nyamuk aedes aegypti hidup dan berkembang biak. Hingga artikel ini ditulis terdapat media yang memberitakan bahwa terdapat salah satu orang didaerah Jambi terdeteksi terkena Virus Zika, Untuk mencegah virus ini disarankan untuk tidak sampai tergigit oleh nyamuk.Selain itu pencegahan lainnya hampir sama dengan DBD yaitu dengan cara memperkecil nyamuk berkembang biak.

Semoga kita selalu diberikan perlindungan dan kesehatan. Amiin.




Previous
Next Post »
Thanks for your comment