ASUS ROG GX800 : Laptop Dewanya Dewa-Dewi




Hah Laptop Dewanya Dewa-Dewi? Ya, itulah ungkapan yg tepat disematkan untuk Laptop Asus ROG GX800. Kenapa? Jangan tanya kenapa tapi bagaimana gigihnya Asus menempatkan serta membuat seri ROG GX800 dijajaran Laptop Dewanya Dewa-Dewi yang ada. Asus sebagai vendor ternama yg salah satu fokus nya memproduksi laptop mempunyai varian laptop gaming Asus ROG.

Varian ROG sendiri adalah Varian Laptop Asus yang didedikasian untuk para penggila game dan super power laptop. Harga termurahnya dikisaran 12 Jutaan tapi Asus dengan harga cukup tinggi benar-benar memanjakan para gamers sejati tentunya dengan kualitas yang premium pula.

Oke kembali lagi di GX Super Duper 800. Ada sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan para pecinta Laptop, Harga nya berapa? Bentar untuk harga nanti dikesimpulan ya. Mari kita bedah lebih detail spesifikasi nya terlebih dahulu baru kita mengira-ngira berapa harganya. Lazim nya harga laptop itu harus timbal balik dengan spesifikasi laptop. Kalau anda ingin membeli laptop kisaran 3 jutaan tapi ingin dipakai nge-game yah bisa tapi game yang dapat dimainkan pastinya yang low end game namun disarnakan untuk tidak bermain game dilaptop yang mempunyai spesifikasi minim. Nah bagaimana dengan Asus ROG GX800 apakah nanti setelah diulas dengan detail harga nya cocok dengan spesifikasinya. Check this out!!


Asus ROG GX800

=============================================================================
18.4” 4K UHD IPS Gsync panel
GTX 1080 SLI
Core i7-7820HK @ 4.6GHz
Max CPU multiplier 44
Dual 330W adapter
Both GPUs and CPU watercooled
3x High Perf Toshiba NVMe SSDs
External Wi-Fi antenna boost
Mechanical RGB Keyboard
ROG travel suitcase + ROG Shuttle Backpack
ROG Gladius gaming mouse
45mm max thickness
5.7 kg
=============================================================================

Laptop ini sangatlah handal karena banyak sekali keunggulan yang tidak ditawarkan divendor lain dikelas nya. Layar yang telah support 4K (ready for virtual realiy), RAM 64GB, Processsor Intel Core i7-7820HK , menggunakan Windows 10 Home, keyboard menggunakan teknologi RGB Keyboard dimana lampu pada keyboard dapat diatur warnanya sesuai keinginan Anda, mempunyai penyimpanan yang menggunakan Slot PCIE4 membuat kecepatan pengirim data sangar cepat dan masih banyak lagi (ulasan dibawah). Pada bagian luar atau body  memiliki warna elegan abu abu mengkilat  dengan menggunakan bahan aluminium membuat nya kuat.

Prosessor

Prosessor yang digunakan oleh Asus ROG GX800 adalah Intel Core i7-7820HK dimana prosessor ini mampu berjalan pada frekuensi dari 2.9 GHz sampai 3.9 GHz bahkan dapat dimaksimalkan (overclock) hingga 4.2 GHz. Pada mode ini anda harus menggunakan radiator laptop. Penggunaan salah satu Processor jenis i7 tercepat ini sangat penting untuk menunjang kecepatan dari  laptop. Processor ini mampu menopang RAM dengan jumlah yang besar, Kartu Grafis yang sangat besar pula. Dapat dipastikan bahwa laptop ini sanggup untuk melakukan multitasking. Artinya anda dapat menggunakan rendering video sambil ngegame dalam satu waktu dilaptop ini. Di dukung pula DirectX* 12 dan Dukungan OpenGL* 4.V yang membuat mampu merendering grafis dengan lebih cepat dan mulus. 


Casing & Body


Casing yang dibuat oleh Asus pada GX800 hampirlah sama dengan varian lainya. Dominan warna abu-abu mengkilap serta lampu RGB dan sudah Mechanical Keyboard dimana saat mengetik sangat nyaman digunakan. Tidak lupa Asus menyertakan palm rest pada area keyboard, maka pada saat gaming atau saat mengetik sangatlah nyaman ditangan. Hampir pada kesuluruhan laptop bagian atas maupun bawah dilapisi aluminium yang membuat semakin premiumnya GTX800 ini. Terdapat sedikit plastik khusus pada bagian bawah laptop yang digunakan untuk menutup tempat menyimpan HDD, SSD, dan RAM.

Bisa dilihat bahwa laptop Asus ROG GX800 sangatlah menawan. Belakang layar seperti biasa ASUS seri ROG memiliki 2 garis lampu sekitar 70° yang saat laptop dinyalakan akan menyala, seolah-olah melindungi logo Asus ROG -Republic Of Gamers menambah garang pula.


Unit Pengolahan Grafis

Didalam laptop yang memiliki layar 18.3" ini terdapat 2 buah NVDIA GTX 1080 GDDR5 VRAM sebesar masing-masing 8GB. 1 saja Video Grafis GTX 1080 saja sudah sangat cukup dan ini terdapat 2 GTX 1080 bisa dibayangkan kecanggihan grafisnya. Dan paling penting Prosessor ini sudah mendukung 4K. GTX 1080 mampu bekerja maksimal yang tidak kalah kencang dengan versi desktop (PC). Perbedaan clock speed GPU dimana versi notebook/laptop dipatok pada angka sedikit lebih rendah ternyata tidak membuat jauh tertinggal dengan versi desktop.




Tidak sampai disitu didalam laptop juga terdapat NVIDIA G-SYNC yang digunakan untuk memperhalus gerakan dari gambar  serta mampu menghapus gerakan patah.  Itu dari NVIDIA untuk urusan grafis Asus sendiri juga menawarkan spendid technology. Fitur ini digunakan untuk memilih 4 mode agar layar nyaman dipandang mata yaitu terdapat mode Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode. Pengggunaan software ini disesuaikan dengan penggunaan Anda, Normal mode cocok untuk mata saat mengedit dokumen dan melihat gambar saja. Eye Care Mode dirancang untuk keperluaan waktu yang lama seperti melakukan gaming atau mengedit video. Vivid mode cocok saat digunakan melihat film, menonton video dan melihat gambar karena mode ini memang dirancang untuk mendapatkan kontras warna dan ketajaman gambar yang lebih tinggi. Manual mode dirancang agar pengguna dapar bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar.


Penyimpanan

by wccftech.com; sangat kecil tapi tangkas


Penyimpanan yang digunakan GX800 merupakan teknologi termaju yang digunakan. Diklaim bahwa media penyimpanan buatan Samsung SM951 merupakan SSD tercepat abad ini. Samsung SM951 membawa slot PCIE4 yang diklaim juga memiliki 4 kali lebih cepat dari kecepatan SATA3. Perlju diketahui selain manfaat kecepatan PCIE4 juga melindungi keping SSD yang lain ketika salah satu SSD rusak. Dapat dibayangkan teknologi penyimpanan dari GX800 sangatlah maju dan sangat cepat. 

Audio 



GX800 tidak main main untuk masalah Audio. Urusan Audio GX800 ini meyuguhkan fitur dual array microphones yang berguna untuk menagkap suara jernih serta menghapus suara sekitar. Hal ini diperlukan saat aktivitas diluar seperti nongrong dicafe bahkan saat kompetisi game. Bahkan suara papan ketik suara kipas dapat disaring. Sangat Canggih.

Konektivitas

Konektivitas pada GX800 sangatlah lengkap pada kanan dan kiri terdapat  LAN Port, HDMI port 2.0 yang digunakan untuk monitor 4K, Wi-Fi Antena, Headphone jack, Mic jack serta 2-1 card reader, lalu USB dengan 2 buah USB 3.1 C, 3 buah USB 3.0 A. Bicara pada panel samping kanan kiri desain cukup menawan dan ventilasi nya sangatlah besar membuat laptop ini seperti benar-benar mempunyai sesuatu yang “WAH” didalamnya.


Docking Watercooling Generasi Ke-2



Nah ada yang menarik dibagian belakang karena terdapat 4 buah pin yang digunakan Watercooling. Watercooling untuk apa? Watercooling digunakan untuk mengalirkan cairan yang terdapat dari tangki melalui selang berbentuk tabung lalu dipompa menuju kedalam GX800. Hal ini berguna untuk mendinginkan perangkat didalam. Saat cairan dari keadaan dingin berubah keadaan panas maka panas itu akan dikeluarkan melalui lubang ventilasi pada radiator bukan ventilasi dari GX800. Watercooling ini dinspirasi dari radiator mobil yang kemudian diperkecil lalu dirancang sedemikian rupa untuk digunakan oleh sebuah laptop.






Dari penjelasan bagaimana watercooling bekerja ini tentunya ialah teknologi baru. Laptop biasanya cepat panas saat dilakukan multitasking. Dengan teknologi ini laptop mampu tetap dingin dengan memaksimalkan performanya bahkan pada mode Overclock. Instalasi Watercooling sangatlah mudah tinggal menancapkan konektor Watercoolingke konektor GX800. Nah setelah itu tancapkan kecatu daya. Perlu diingat Laptop ya tetap laptop jadi jangan persepsikan laptop ini harus tehubung kecatu daya dan watercooling. Penggunaan Wtercooling hanya dibutuhkan saat anda ingin memaksimalkan (Mode Overcloking) tenaga dari GX800 ini. Jika hendak mau dibawa kemana-mana cukup mudah karena saat pembeliaan, Watercooling diberi koper khusus. Untuk pemanfaatan watercooling setelah ditancapkan dapat diatur diaplikasi ASUS Gaming Center.

Performa Game & Pengujian Mode

Didalam ASUS yang diatur di aplikasi ASUS Game Center terdapat 3 mode yang dapat diatur yaitu Mode standar, Mode Optimized dan Mode Ekstrim.


Standar Mode




















Optimized Mode




















Extreme Mode

































FPS Test


Khusus kali ini ada FPS (Frame PerSecond) ialah bingkai yang ditampilkan dalam satu detik. Kemampuan kartu grafis dapat diukur dengan Frame Rate yaitu jumlah bingkai dalam satu detik. Semakin banyak jumlah frame rate yang dihasilkan maka semakin bagus dan smooth grafis yang ditampilkan. Umumnya Frame Rate sudah smooth dan bagus pada kisaran 25-30 fps. Bagaimana dengan grafis Asus ROG GX800 yang menggunakan Kartu Grafis Dual GTX 1080 yang performanya sudah diulas diatas. Berikut hasil nya : 

Farcy Primal 2016
For Honor 2017
Batman Arkham Knight 2015



































Kesimpulan

So sebelum menilik harga dari laptop ini mungkin anda harus jadi Orang kaya dulu sebab dari berbagai Sumber terpercaya yang diperoleh yaitu Video Unboxing laptop ini menyatakan bahwa Laptop Asus ROG GX800 ini dibanderol dengan harga 95 Jutaan rupiah, mungkin bisa lebih sedikit atau kurang. Yah,Wajar saja harga nya sebesar itu mengingat Asus ROG GX800 adalah Laptop super yang mempunyai spesifikasi sangat luar biasa. Teknologi yang digunakan sangat update dan kemampuan yang over. Kemampuan yang over tidak akan mencederai komponen Laptop karena hadirnya penyejuk Watercooling Generasi 2 yang disertakan saat pembelian. Sudah terbukti kemampuan yang dimiliki oleh GX800 ini. Berbagai mode pun sudah dites dengan hasil yang luar biasa khusus nya mode extreme. Smoothing dan kejernihan dari layar yang dilengkapi berbagai fitur yaitu Dual GTX 1080 yang totalnya sekitar 16GB, Fitur GSync sampai fitur pengaturan mode layar yang disesuaikan dengan penggunaan membuat grafis dari laptop ini sangat maju. Namun tetap mudah untuk menggunakan dan mengatur fitur tersebut.

Processor yang luar biasa Intel Core i7-7820HK membuat  RAM 64GB dapat mensupport kinerja dari GX800. Oleh karena Processor ini lah RAM dapat dimaksimalkan sebegitu besarnya. Body dan komponen dari laptop yang premium membuat GX800 kokoh dan elegan.

Apa yang akan anda dapatkan saat membeli unit ini selain Laptop dan Watercooling.  Didalam kardus yang sangat besar terdapat Tas, Koper dan Box Laptop. Tas punggung cukup besar karena laptop sebesar 18.4" harus bisa masuk. Lalu ada koper yang didalamnya terdapat kabel, adapter untuk watercooling serta watercooling itu sendiri. Koper memudahkan anda untuk membawa kemanapun unit akan dibawa. Box Laptop berisi adapter untuk laptop, Mouse Gladius yang cantik, Special Edition Premium Badge, buku-buku dan kartu dari semua unit.


Main Spec.
ROG GX800 (G-SYNC)
CPU
Intel® Core™ i7-7820HK processor overclock up to 4,2GHz
Operating System
Windows 10 Home
Memory
64GB DDR4 up to 2800MHz
Storage
M.2 PCIEX4  NVMe 512G*3 RAID0
Display
18.4” Anti Glare UHD IPS LED backlight (3840X2160) with G-SYNC
Graphics
NVIDIA® GeForce® GTX 1080 SLI 16GB GDDR5 VRAM
Input/Output
1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 2 x USB 3.1 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI, 1x Thunderbolt
Camera
Built-in HD camera and array mic
Connectivity
Integrated 802.11ac, BT 4.0 support
Audio
Built-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azalia compliant audio chip, SonicMaster. Built-in subwoofer, 4 speakers. ESS Sabre Headphone DAC to enhance audio performance.
Dimension
 45.8(W) x 33.8(D) x 4.34 ~ 4.74 (H) cm
Battery
 74WHrs, 4S2P, 8 Cell Li-ion
Keyboard
 Keyboard mekanikal dengan RGB LED
Warranty
2 years full global warranty



Bonus; Foto Launching ASUS ROG GX800

Mengatur Laptop Pada Aplikasi Asus Game Center

Desain Elegan Tampak Bagian Atas Keyboard

Tampak Watercooling Terhubung Dengan Laptop

ROG Gladius gaming mouse



Previous
Next Post »
Thanks for your comment